Selasa, 26 April 2011

Perulangan pada PL/SQL (pertemuan ke-3)

Sekumpulan perintah untuk melakukan perulangan dari suatu blok statement yang terdapat di dalam blok statement loop. Bentuk paling sederhana dari perintah LOOP adalah loop dasar (tak berhingga), yang mengapit rangkaian perintah-perintah diantara kata-kata kunci LOOP dan END LOOP, seperti berikut ini:

  • LOOP

Dengan setiap perulangan dari setiap putaran, rangkaian perintah-perintah dieksekusi, lalu kontrol mulai lagi menuju ke awal putaran.

Bentuk umum :
LOOP
sequence_of_statem
ents
END LOOP;

  •  WHILE-LOOP

Sebelum setiap perulangan dari loop, kondisi dievaluasi. Jika kondisi true, rangkaian perintah-perintah dieksekusi, kemudian kontrol kembali ke awal loop. Jika kondisi false atau null, loop diabaikan dan kontrol menuju ke perintah selanjutnya.

Bentuk umum :
WHILE condition LOOP
sequence_of_statements
END LOOP;


  • FOR-LOOP

Jumlah perulangan melalui loop WHILE tidak diketahui sampai loop berakhir, namun jumlah perulangan melalui loop FOR telah diketahui sebelum loop dijalankan. Loop-loop FOR berulang sejumlah jangkauan integer tertentu. Jangkauan ini adalah bagian dari iteration scheme, yang diapit oleh kata-kata kunci FOR dan LOOP. Tanda titik dua (..) bertindak sebagai operator jangkauan. Sintaksnya adalah sebagai berikut:

Bentuk umum :
FOR counter IN [REVERSE] lower_bound..higher_bound LOOP
sequence_of_statements
END LOOP;



Contoh program sederhana :

>DECLARE
TYPE DateList IS TABLE OF DATE INDEX BY BINARY_INTEGER;
dates DateList;
k CONSTANT INTEGER := 5;
BEGIN
FOR j IN 1..3 LOOP
dates(j*k) := SYSDATE;
END LOOP;
END;


Sumber : Girlycious09's - Kondisi & Perulangan pada PL/SQL


Tidak ada komentar: