Sabtu, 12 Februari 2011

Impementasi Jaringan Komputer

Apa itu Jaringan komputer?

Adalah sekumpulan dua atau lebih komputer yang berada dalam batasan jarak lokasi satu dengan yang lain, yang saling terhubung langsung atau tidak langsung. Komputer tersebut saling terkoneksi, baik secara logik maupun fisik.

Beberapa manfaat jaringan Komputer.

  • Resource sharing; dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya.
  • Reliabilitas tinggi; dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
  • Menghemat biaya; sebagai contoh kita bisa berkirim kabar berita dengan mudah, cepat dan hemat.
  • Sebagai sarana komunikasi; jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok pertemanan, komunitas, organisasi dan perusahaan. Dan lain-lain.

1. Impementasi Jaringan komputer di dunia Bisnis dan Perbankan

Dari beberapa mamfaat jaringan komputer dapat disimpulkan pentingnya jaringan kemputer di dalam dunia Bisnis maupun Perbankan. Seperti;

Dalam dunia bisnis; manfaat yang dapat dirasakan dimana proses transaksi yang terintegrasi dengan baik, dan mempercepat pendistribusian data, informasi untuk pengambilan keputusan, perlindungan keamanan data dan informasi ini lebih terjamin. Seperti halnya penjualan barang secara online (kaskus, tokobagus, bhinneka, dll.)

Dalam dunia perbankan; perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi, yang tak lepas dari peranan jaringan komputer.

2. Impementasi Jaringan komputer di dunia Mobile dan Home User

Dengan hanya menggunakan sebuah laptop / notebook atau bahkan sebuah handphone yang memiliki fasilitas koneksi wireless, user tidak diribetkan lagi dengan kabel yang berbelit belit. Semua user dapat melakukan aktivitasnya seperti: browsing ke internet, membaca atau mengirimkan e-mail ke rekan-rekan bisnis, melakukan teleconference, koneksi ke jaringan Instant Messenger milik Yahoo, MSN, Google, dll.

Pada dunia mobile user, jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel disebut juga dengan istilah jaringan wireless yang semakin banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Hal ini disebabkan karena kemudahan dari sistem wireless yang semakin mengurangi pengunaan teknologi kabel (wire) sebagai media untuk melalukan komunikasi data.

Sedangkan pada Aplikasi home user, memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (kabar- berita, games, video, dll.)

Referensi :
1. http://www.adisumaryadi.net/artikel/detail/global/51/perancangan-dan-implementasi-jaringan-komputer.html
2. http://abie17.wordpress.com/manfaat-jaringan-komputer/
3. http://praii.wordpress.com/2011/02/11/tugas-jaringan-komputer/

Tidak ada komentar: