Sabtu, 12 Februari 2011

Karya Ilmiah dan Karya Non Ilmiah

1. Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah suatu tulisan yang di dalamnya membahas suatu masalah. Pembahasan itu dilakukan berdasarkan penyedikan, pengamatan, pengumpulan data yang dapat dari suatu penelitian, baik penelitian lapangan, tes labolatorium ataupun kajian pustaka. Maka dalam memaparkan dan menganalisis datanya harus berdasarkan pemikiran ilmiah,yang dikatakan dengan pemikiran ilmiah disini adalah pemikiran yang logis dan empiris. Dan didukung fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. Contoh karya tulis ilmiah yaitu; skripsi, tesis, disertasi dll.

Karya ilmiah mempunyai tiga cirri yaitu:
  1. Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (factual objektif). Artinya sesuai dengan objek yang diteliti.
  2. Bersifat metodis dan sistematis
  3. Menggunakan ragam bahasa ilmiahyang baku dan formal, bahasanya bersifat lugas agar tidak menimbulkan penafsitan dan makna ganda.
Karya Ilmiah terbagi menjadi karya ilmiah pendidikan dan karya ilmiah penelitian:
  • Karya Ilmiah Pendidikan
Karya Ilmiah pendidikan digunakan untuk tugas meresume pelajaran, serta persyaratan mencapai suatu gelar pendidikan, karya ilmiah terdiri dari :
  1. Paper ( Karya Tulis)
  2. Pra Skripsi
  3. Skripsi
  4. Thesis dan,
  5. Desrtasi.
  • Karya Ilmiah Penelitian
Karya ilmiah penelitian digunakan untuk membuktikan kebenaran fakta, atau juga bisa fakta salah menjadi kebenaran fakta, karena mempunyai jurnal penelitin atau laporan hasil penelitian. Seperti contohnya tiori Darwin, “Nenek moyang manusia berasal atau mempunyai kesamaan dengan kera.”

Karya ilmiah penelitian terdiri dari:
  1. Makalah seminar
  2. Laporan hasil penelitian
  3. Jurnal Penelitian

2. Karya Non Ilmiah

Karya non ilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum. Karangan non-ilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi, dan umumnya bersifat subyektif. Bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan populer, walaupun kadang-kadang juga formal dan teknis. Sedangkan contoh karya tulis non-ilmiah yaitu; cerpen, puisi, novel, komik dll

Karya non ilmiah bersifat:
  1. Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi.
  2. Persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.
  3. Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.
  4. Kritik tanpa dukungan bukti.

Referensi :
1. http://yahoo.answers.com/ilmiah-non-ilmiah.html
2. http://makalahdanskripsi.blogspot.com/2009/07/karya-ilmiah-dan-non-ilmiah.html

Tidak ada komentar: