Sabtu, 26 November 2011

INTERNET


Pengertian Internet

Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komunikasi yang global yang menghubungkan komputer- komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia. Internet bisa juga diartikan sebagai suatu media informasi komputer global yang dapat dikatakan sebagai teknologi tercanggih abad ini. Secara etimologis internet berasal dari bahasa inggris, yaitu inter yang artinya antar dan net yang artinya jaringan, sehingga dapat kita artikan hubungan antar jaringan.

Secara umum Internet merupakan suatu jaringan global yang terbentuk dari jaringan komputer local dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut dengan menggunakan berbagai macam media seperti jalur telepon, modem, satelit, leased-line, ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), dan kabel serat optik. Jaringan komputer ini dapat terdiri dari lembaga pendidikan, pemerintah, militer, organisasi, bisnis dan organisasiorganisasi lainnya.

Sejarah Internet

       Dimulai pada awal tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) membangun suatu sistem yang dapat menghubungkan komputer-komputer yang berada di daerah-daerah peperangan yang tujuannya adalah untuk mendeteksi serangan-serangan nuklir yang dilancarkan oleh musuh pada saat perang dingin. Maka dimulailah proyek tersebut dan diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan awal dimulainya sejarah internet.

Perkembangan ARPANET semakin lama semakin pesat seiring dengan perkembangan komputer pada saat itu. Pada tahun 1977 ARPANET telah menghubungkan lebuh dari 100 mainframe komputer dan terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung. Karena perkembangannya sangat pesat dan banyaknya komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung maka konsep ini kemudian dikenal dengan nama Internetworking. Istilah Internetwoking semakin lama semakin populer sehingga kemudian orang menyebut jaringan komputer tersebut dengan istilah Internet.

Revolusi Internet
            
        Dasar dari revolusi Internet dikenal dengan istilah Web atau WWW (World Wide Web) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas.

        WWW atau Web dalam dunia internet terbagi dua, yaitu web satatis dan web dinamis. Web statis adalah web biasa yang hanya dibuat dari kode-kode HTML. Tampilan atau isi Web statis tidak pernah berubah dengan kata lain tampilannya selalu sama. Sedangkan, Web dinamis mampu memberikan tampilan yang berbeda-beda dari satu pengunjung ke pengunjung lainnya, sekalipun halaman yang diakses adalah halaman yang sama. Web dinamis inilah yang sangat cocok untuk pembuatan Web Informasi. 

Sumber : 
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
3. 
2. Penulisan Ilmiah Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar: