Rabu, 13 Oktober 2010

“Mau Membuat Robot?”


Kini perkembangan teknologi begitu pesat perkembangannya, sehingga manusia menjadi lebih mudah menyelesaikan pekerjaannya. Itu mungkin saja tujuan diciptakannya Robot yang saya ketahui sejauh ini. Namun, bagaimana Robot diciptakan untuk mengantikan peranan manusia bukan hanya membuat perkerjaan jadi lebih mudah dan cepat, tapi menjadikan manusia raja dimuka bumi ini. Nah mungkin dimasa depan uman manusia digantikan aktifitasnya oleh Robot-Robot.

Saya tahu diri juga lho... kemampuanku nggak sampai disana. Tapi kalo berandai-andai, ada niat juga sampai kesana. Menciptakan rancangan Robot yang dibuat untuk mempermudah manusia menjalankan kegiatan hariannya. “Tapi Robot yang seperti apa ya?” Maaf banget nich, sekarang ternyata otakku yang encer ini belum sampai kesana.... ahahaha, jadi now komment.

Sempat penasaran juga. Sebenarnya Robot itu apa sich? Nah untuk yang lebih jelas kita bisa googling-googling...

Sedikit yang saya ketahui akhirnya...

Asal-mula robot; Dahulu kala robot diciptakan dengan tujuan untuk menolong manusia. Kata robot sendiri berasal dari kata Robota yang berarti pekerja dalam bahasa Chech (Ceko). Robot digunakan untuk menggantikan fungsi manusia dalam menjalankan tugas yang berat, berbahaya, serta pekerjaan yang berulang dan kotor. Pada awalnya robot masih sangat sederhana dengan bentuk dan fungsi yang masih terbatas, sedangkan saat ini, secara sadar atau tidak, robot memang telah hadir di dalam kehidupan manusia dalam bentuk yang bermacam-macam dan berbagai fungsi.

Tentang robot; Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Suatu mesin dikatakan sebagai robot jika mesin tersebut dapat diprogram untuk melakukan suatu aktivitas tertentu dan pemrograman bisa dilakukan berulang-ulang (re-programmable), kemudian mesin mampu mengekstrak informasi dari lingkungannya dan menggunakan pengetahuan tentang lingkungannya untuk beraksi secara aman dengan cara yang sesuai yang diinginkan oleh pemrogrammnya, bersifat otomatis atau mampu beroperasi tanpa supervisi langsung dari manusia, memiliki bagian yang disebut manipulator yang terdiri dari link (rangka – seperti tulang pada tubuh manusia) dan joint (engsel – penghubung antar link). Link pada ujung manipulator disebut end effector yang digunakan robot untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan bisa berbentuk alat untuk memegang atau sebuah alat lain. End-effector bisa dianalogikan sebagai tangan manusia. Selain itu mesin tersebut memiliki unjuk kerja seperti Resolusi atau perubahan gerak terkecil yang dapat diperintahkan oleh sistem kontrol pada lingkup kerja manipulator. Akurasi atau besarnya penyimpangan/deviasi terhadap masukan yang diketahui, Repeatability atau kemampuan robot untuk mengembalikan end effector (pemegang/griper) pada posisinya semula, dan terakhir Fleksibilitas yang merupakan kelebihan yang dimiliki oleh robot secara umum jika dibandingkan dengan mesin konvensional.

Sumber: http://the-red-devils-girl.blog.friendster.com/2009/03/melihat-sisi-lain-fungsi-robot/

Tidak ada komentar: